Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Jumat, 15 Mei 2015

Tagged under:

Prospek Kerja Jurusan Farmasi




Farmasi sebagai bagian penting dari bidang kesehatan adalah salah satu bidang industri paling besar di dunia, karena itu jurusan Farmasi juga menjanjikan prospek kerja yang sangat besar bagi lulusannya. Bahkan jurusan farmasi merupakan salah satu jurusan dengan prospek kerja terbesar di dunia.


Bagaimana dengan di Indonesia? Tidak jauh berbeda dengan skala dunia, prospek kerja lulusan Farmasi di Indonesia juga ralatif besar.
Berikut ini beberapa prospek lapangan kerja bagi lulusan jurusan farmasi:

             1. Tenaga Pendidik dan Peneliti Farmasi
Profesi dosen adalah salah satu peluang bagi lulusan jurusan Farmasi, namun seperti jurusan kuliah lainnya, saat ini  dibutuhkan gelar master untuk menjadi dosen. Selain mengajar, dosen farmasi juga bisa menjadi peneliti berbagai potensi tanaman obat yang masih relatif melimpah di Indonesia. Usaha penelitian ini sangat mendesak dilakukan karena kondisi biodiversitas di Indonesia semakin berkurang dengan kerusakan alam dan hutan.
Lulusan jurusan farmasi juga bisa bekerja di badan penelitian pemerintah seperti LIPI dan Balitro, namun mungkin peluang di lembaga ini relatif terbatas.
Sebagai tenaga pendidik, lulusan jurusan farmasi juga bisa mengajar di sekolah-sekolah kejuruan bidang farmasi.

              2. Instansi Pemerintah (Pegawai Negeri Sipil)
Instansi pemerintahan yang paling membutuhkan lulusan jurusan Farmasi adalah Badan POM (Pengawasan Obat dan Makanan), Kementerian Kesehatan dan Dinas-dinas Kesehatan di Daerah, Rumah-rumah sakit pemerintah, puskesmas.

              3. Sektor Swasta
Banyak sekali perusahaan-perusahaan nasional yang membutuhkan lulusan farmasi, terutama yang bergerak dalam industri obat-obatan seperti: Kalbe Farma,  Kimia Farma, Bio Farma, Mead Johnson, Bintang Toedjoeh, Bayer, dan perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan seperti: Indofood, Wingsfood, Orang Tua grup, Yakult, Amerta Indah Otsuka, dan lain-lain.
Industri lain yang cukup potensial dimasuki oleh lulusan jurusan farmasi adalah industri kosmetik, dalam kelompok ini terdapat perusahaan-perusahaan seperti: Nyonya Meneer, Mustika Ratu dan Martha Tilaar, Wardah, L'Oreal dan lain-lain.

             4. Rumah sakit, Apotik dan Laboratorium Klinik
Bidang layanan kesehatan seperti rumah sakit, apotik dan lab. klinik adalah bidang utama yang dapat dimasuki oleh seorang lulusan farmasi.

Namun untuk bekerja sebagai apoteker profesional di berbagai lembaga jasa kesehatan diatas, seorang lulusan farmasi harus mengambil pendidikan keprofesian apoteker selama dua semester. Dengan berbekal sertifikat profesinya, seorang lulusan Farmasi kemudian disebut sebagai apoteker, selanjutnya mereka bisa mendirikan Apotik secara mandiri.

Demikianlah tentang perkuliahan dan prospek kerja Jurusan Farmasi, semoga bermanfaat untuk teman-teman yang sedang menentukan jurusan kuliah yang akan di ambil.

0 komentar:

Posting Komentar